Selasa, 01 Juli 2008

Xavi Lengkapi Kejayaan Spanyol




VIENNA - Menyajikan penampilan yang menawan sepanjang kompetisi Euro 2008, tak heran jika akhirnya UEFA memilih gelandang Spanyol Xavi Hernandez terpilih sebagai pemain terbaik dalam turnamen empat tahunan tersebut.

Tak hanya itu, penghargaan terhadap Timnas Spanyol juga diberikan UEFA dengan mencantumkan sembilan pemain Spanyol dalam daftar tim terbaik Euro 2008.

"Kami memilih Xavi karena dialah yang memberikan Spanyol irama permainan. Dia juga pemain yang berbahaya di setiap posisi, pemberi bola dan ketika melakukan penetrasi pertahanan lawan," kata Direktur Teknik UEFA Andy Roxburgh seperti dilansir Associated Press, Selasa (1/7/2008).

Dalam pemilihan pemain terbaik ini, sembilan juri yang melakukan pemilihan tidak menyertakan pemain yang negaranya sudah tersisih di babak penyisihan seperti Prancis, Rumania, Ceko dll.

Terpilihnya Xavi sebagai pemain terbaik Euro 2008 ini semakin melengkapi gelar bagi Tim Matador, selain, mendapatkan gelar juara dan top skor.

Dalam Euro 2008 itu, Xavi yang kini bermain untuk Barcelona mencetak satu gol. Terpilihnya Xavi sebagai pemain terbaik juga mengagetkan, mengingat sebelumnya nama pemain yang kini berusia 28 tahun itu jarang disebut.

Terpilihnya Xavi juga menyingkirkan sejumlah nama beken lainnya seperti Cristiano Ronaldo, David Villa, Marcos Senna dan Michael Ballack.

Tidak ada komentar: