Minggu, 15 Juni 2008

Rusia Buka Peluang





SALZBURG - Permainan Rusia mengalami peningkatan. Tim asuhan Guus Hiddink itu memperbesar peluang untuk bisa lolos ke babak perempatfinal Euro 2008, usai mengalahkan juara bertahan, Yunani 1-0, pada lanjutan laga Grup D, di Stadion Salzburg, Minggu (15/6/2008).

Permainan Rusia kali ini lebih berkembang. Runner up Grup E Babak Kualifikasi itu langsung menyerang sejak awal pertandingan. Pertahanan rapat dilancarkan anak asuh Guus Hiddink, sangat berbeda ketika dibombardir Spanyol.

Lini tengah Rusia yang digalang Dmitry Torbinsky, dan Sergei Semak mampu merepotkan lini pertahanan Yunani dengan pola 4-1-4-1 yang diterapkan Hiddink.

Rusia hampir unggul lebih dulu ketika Roman Pavluchenko menembak ke gawang Antoni Nikolpolidis, yang sigap dan membuang bola liar penyerang tengah Spartak Moskow tersebut, pada awal babak pertama.

Pavluchenko, pencetak gol ke gawang Spanyol, lagi-lagi hampir saja kembali merubah keadaan. Sayang keinginannya mendapat penalti, ketika tendangannya mengenai tangan Helas dianulir wasit Italia, Roberto Rosetti.

Mimpi buruk bagi Yunani datang pada menit ke-33. Konstantin Zyrianov yang berdiri bebas di depan gawang Nikopolidis langsung menyarangkan bola sekaligus menjadi gol kemenangan Rusia, umpan Sergei Semak yang mengecoh kiper Yunani itu, hasil crossing Dmitry Torbinsky.

Serangan Yunani yang pada laga perdana dilucuti Swedia 0-2, dimotori veteran Piala Dunia 2006, Angelos Basinas dan Angelos Charisteas. Sayang beberapa peluang yang dimiliki anak asuh Otto Rehhagel gagal tercapai hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan ini menjadi modal kuat Rusia untuk bisa lolos ke babak perempatfinal. Di lain pihak Rusia harus mengepak koper, tersisih dari Euro 2008 sebagai juara bertahan akikbat harus menelan kekalahan dua kali beruntun.

Rusia Tinggal mengalahkan Swedia pada laga akhir Grup D, untuk memastikan tiket babak perempatfinal.

Tidak ada komentar: